Home / Nasional / ​AKIBAT BANJIR, PETANI MENGALAMI KERUGIAN

​AKIBAT BANJIR, PETANI MENGALAMI KERUGIAN

DINAMIKANEWS.COM,ACEH TIMUR-ACEH
Akibat banjir banyak petani mengalami kerugian, hal ini di sebabkan petani sebagian besar telah melakukan persemaian dan penanam bibit padi dengan dengan masa tanam antara 5-10 hari, seperti yang di alami petani gampong Lueng Sa kecamatan Madat Kabupaten Aceh timur dan sekitar nya.

Curah hujan yang cukup tinggi selama seminggu,mulai  akhir november telah menyebabkan kerugian materil bagi masyarakat terutama para petani sawah.

Kerugian tersebut tentu berdampak pada beban modal petani harus membeli dan mensemai kembali bibit baru, pada hal pemerintah khusus nya Kementrian Pertanian RI telah menyediakan asuransi bagi petani dengan premi yang mudah dan murah untuk klaim kerugian petani akibat terjadi bencana alam.

Terhadap produk asuransi pertanian sepertinya petani kurang memanfaatkan atau tidak mengetahui adanya asuransi tersebut.

Menurut Masri, SP mantan ketua Gerbang Tani Aceh timur, seharus nya fasilitas asuransi petani harus di manfaatkan, mengingat sewaktu-waktu bencana alam.dapat terjadi atau gagal panen akibat faktor lain seperti wabah hama, dll.

Masri sangat mengharapkan kepada Dinas pertanian khusus nya petugas penyuluh harus pro aktif menfasilitasi tata cara mengurus asuransi dan sosialisasi tentang penting nya asuransi kata masri kepada Media rabu 6 Desember 2017.

Menurut pantauan, terjadinya banjir di beberapa daerah sentra produksi tani sawah, akan menyebabkan produksi panen akan menurun drastis, mengingat sebagian besar tanaman padi tergenang banjir serta tidak serentak nya masa panen, pangkas Masri.ke Media Dinamikanews.com

Yunus

About Dadang aripudin

Check Also

​Murhalim : Donal trump membuat konflik baru di wilayah timur tengah. 

DINAMIKANEWS.COM,LHOKSEUMAWE-ACEH -Terkait berita yang menghebohkan dunia Presiden Amerika Serikat tersebut, Kamis (7/11/2017) dini hari. Presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Featured Video